Menurut informasi dari Wikipedia, Marelan adalah salah satu dari 21 kecamatan di kota Medan yang berbatasan dengan kabupaten Deli Serdang, Medan Labuhan serta Medan Belawan. Jumlah penduduknya cukup banyak, serta etnis (suku) yang tinggal di daerah ini cukup beragam, seperti Jawa, Melayu, Batak, Tionghoa, Minang, Aceh, Nias dan suku – suku lainnya.

Dari jumlah penduduk yang cukup banyak serta keberagaman etnis atau suku yang menempati daerah ini tentunya memiliki adat budaya masing – masing. Keberagaman budaya merupakan salah satu warna dalam kehidupan bermasyarakat. Setiap suku mempunyai budaya tertentu saat mengadakan suatu acara suka cita atau duka cita.

Dewasa ini dalam suatu acara tertentu  tidak jarang terlihat deretan karangan bunga papan  di pinggir jalan atau di sekitaran lokasi acara. Kehadiran bunga papan juga mampu meramaikan atau memeriahkan suatu acara. Sekarang ini, bunga papan di pesan tidak hanya untuk acara besar, untuk  acara sederhana juga sering di pesan seperti acara ulang tahun, memasuki rumah baru dan acara lainnya. Namun secara umum biasanya karangan papan bunga di pesan saat acara pernikahan, duka cita, peresmian usaha baru, ucapan selamat, wisuda dan acara – acara lainnya.

Mengingat di Medan Marelan memiliki beragam etnis maka tidak terlepas dari kebiasan dalam suatu acara, misalnya acara suka cita pernikahan. Acara tersebut tentunya di harapkan ramai dan meriah oleh pemilik acara. Salah satu bentuknya adalah kehadiran karangan bunga papan di sekitaran lokasi. Umumnya tamu atau kerabat mengirimkan karangan bunga papan sebagai bentuk atau ungkapan suka cita pada acara pernikahan tersebut. Bisa juga sebagai kado untuk kerabat yang melangsungkan pernikahan. Demikian juga saat acara duka cita (meninggal dunia), karangan bunga juga biasanya di pasang di lokasi rumah duka.

Penduduk yang tinggal di Marelan juga beragam status ekonominya, mulai dari ekonomi bawah, menengah dan atas. Karangan bunga papan memiliki banyak model atau bentuk sesuai dengan kebutuhan. Masing – masing model memiliki harga sewa yang berbeda. Salah satu model bunga papan yang harga sewanya murah adalah papan bunga model kota Medan atau sering di sebut papan bunga Medan. Untuk papan bunga Medan memiliki ukuran tertentu, mulai dari 1 papan (single), papan bunga gandeng (double) serta papan bunga triple (gandeng tiga).  Selain model papan bunga Medan, ada juga model papan bunga Jakarta, model digital printing (banner) dan model akrilik. Tentunya masing – masing model memiliki harga sewa yang berbeda – beda.

papan bunga gandeng
papan bunga gandeng

 

papan bunga Single
papan bunga Single

 

Bagi masyarakat yang  tinggal di Marelan jika ingin memesan karangan bunga papan Medan atau model lainnya saat acara tertentu, pastikan pesan kepada toko bunga (florist) yang terpercaya dan berpengalaman. Selain itu penting juga pastikan memiliki toko fisik yang bisa di kunjungi. Cattleya Florist merupakan salah satu toko bunga Medan yang bisa jadi rekomendasi dalam memilih toko bunga papan terdekat dari lokasi acara. Selain amanah dan berpengalaman, bisa di rangkai sesuai permintaan pemesan (custom). Proses rangkai cepat serta antar ke lokasi acara juga cepat.

Bagikan :